RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELUARGA Bp. M
No
|
Diagnosa
|
Tujuan
|
Kriteria Evaluasi
|
|
||
Umum
|
Khusus
|
Kriteria
|
Standar
|
Intervensi
|
||
1.
|
Komunikasi tidak efektif pada keluarga Bp.M khususnya Bp. S berhubungan
dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga dengan masalah
presbiakusis.
|
Setelah intervensi selama seminggu komunikasi keluarga Bp. M menjadi efektif.
|
1.
Setelah 1x 15 menit keluarga
mampu mengenal masalah presbiakusis
1.1
Menyebutkan pengertian
presbikusis
1.2 Menyebutkan perubahan fungsi pendengaran pada usia lanjut
1.3 Menyebutkan tanda dan gejala penurunan pendengaran
2.Setelah 1x 15 menit
keluarga mampu mengambil keputusan yang tepat
2.1 Menyebutkan akibat presbiakusis
1.1
Mengambil keputusan yang tepat
untuk merawat presbiakusis
3.Setelah 1x15 menit
keluarga mampu merawat anggota keluarga yang mengalami presbiakusis
3.1
Menyebutkan cara merawat anggota
keluarga dengan presbiakusis
3.2
Mendemonstrasikan cara merawat
atau berkomunikasi dengan anggota kelaurga dengan presbiakusis
4.Setelah 1x10 menit
keluarga mampu memodifikasi ling kungan
4.1 Menyebutkan cara memodifikasi lingkungan agar mampu berperan yang
sesuai
5. Setelah 1x10 menit keluarga mampu
memanfaatkan fasi litas kesehatan dengan mampu :
5.1
Menyebutkan kriteria peran yang
tidak sesuai
5.2
Menyebutkn fasilitas kesehatan
untuk merujuk
|
Respon Verbal
Respon Verbal
Respon verbal
Respon Verbal
Respon Verbal
Respon Verbal
Respon psikomotor
Respon verbal
Respon verbal
Respon verbal
|
Presbiakusis adalah penuruna pendengaran normal berkenaan dengan proses
penuaan
Perubahan fungsi telinga dalam membuat sulit untuk memahami tipe bunyi
bicara tertentu dan menyebabkan intoleran terhadap bunyi keras.
Menyebutkan 3 dari 5 tanda : Kesulitan mengerti pembicaraan,
ketidakmampuan untuk mendengarkan bunyi nada tinggi, kesulitan membedakan
pembicaraan, masalah pendengaran pada latar belakang yang bising,
perubahan kemampuan mendengar konsonan
Menyebutkan 2 dari 3 akibat: terjadi gangguan pendengaran dan komunikasi, resiko tinggi cedera, menarik
diri.
Keluarga menyatakan akan merawat anggota keluarga dengan presbiakusis
dengan tetap menjaga komunikasi
Menyebutkan 3 dari 5 cara : menjaga komunikasi dengan Bp. S
dengan cara duduk berhadapan saat bicara, bicara dengan kecepatan normal dan
nada suara lebih rendah (tidak perlu dikeraskan) dengan kejelasan yang lebih
besar dan diulang bila belum mengerti
Keluarga mampu melakukan komunikasi yang efektif
Memodifikasi lingkungan dengan cara menjaga kondisi rumah yang tenang,
tidak berisik/gaduh, hindari dari kebisingan serta menciptakan komunikasi
dalam keluarga
Peran tidak sesuai yang perlu diperhatikan yaitu adanya gangguan dalam
Tempat rujukan untuk mendiskusikan peran kelua
|
1.1.1
Diskusikan dengan keluarga
mengenai definisi presbiakusis
1.1.2
Beri kesempatan keluarga bertanya
1.1.3
Tanyakan kembali hal yang telah
dijelaskan
1.1.4
Beri reinforcement atas jawaban yang
benar
1.2.1 Diskusikan dengan keluarga tentang perubahan fungsi pendengaran
1.2.2 Beri kesempatan keluarga
bertanya
1.2.3 Tanyakan kembali hal
yang telah dijelaskan
1.2.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
1.3.1
Diskusikan dengan keluarga mengenai tanda dan gejala penurunan
pendengaran
1.3.2
Beri kesempatan keluarga bertanya
1.3.3
Tanyakan kembali hal yang telah
dijelaskan
1.3.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
1.2.1
Diskusikan dengan keluarga
akibat presbiakusis
1.2.2
Beri kesempatan keluarga bertanya
1.2.3
Tanyakan kembali hal yang telah
dijelaskan
1.2.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
2.3.1
Beri motivasi keluarga dalam
mengambil keputusan untuk merawat anggota kelaurga dengan presbiakusis
2.3.2
Beri reinforcement atas minat dan
kemampuan keluarga memutuskan meningkatkan komunikasi yang efektif
3.1.1 Diskusikan dengan keluarga cara merawat
anggota leluarga dengan presbiakusis
3.1.2 Beri
kesempatan keluarga bertanya
3.1.3 Tanyakan kembali hal yang telah dijelaskan
3.1.4 Beri reinforcement atas jawaban yang benar
3.2.1 Diskusikan dengan keluarga cara berkomunikasi
dengan anggota keluarga dengan presbiakusis
3.2.2 Beri
kesempatan keluarga bertanya
3.2.3 Tanyakan kembali hal yang telah dijelaskan
3.21.4Beri reinforcement
atas jawaban yang benar
4.1.1
Diskusikan dengan keluarga
cara memodifikasi lingkungan
4.1.2
Beri kesempatan keluarga bertanya
4.1.3
Tanyakan kembali hal yang telah
dijelaskan
4.1.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
5.1.1
Diskusikan dengan kriteria
peran tidak sesuai yang perlu diperhatikan
5.1.2
Beri kesempatan keluarga
bertanya
5.1.3
Tanyakan kembali hal yang
telah dijelaskan
5.1.4
Beri reinforcement atas
jawaban yang benar
|
No
|
Diagnosa
|
Tujuan
|
Kriteria Evaluasi
|
|
||
Umum
|
Khusus
|
Kriteria
|
Standar
|
Intervensi
|
||
2.
|
Isolasi sosial : menarik diri pada keluarga Bp. M khususnya Bp. S b.d
ketidakmampuan keluarga mengambil keputusan yang tepat untuk perawatan Bp. S
dengan presbiakusis yang menarik diri.
|
Setelah intervensi selama seminggu tidak terjadi isolasi sosial menarik
diri pada Bp. S
|
1.Setelah 1x15 menit keluarga mampu mengenal masalah menarik diri
1.1
Menyebutkan pengertian menarik
diri
1.2 Menyebutkan ciri-ciri perilaku menarik diri
2.
Setelah 1x15 menit keluarga mampu
mengambil keputusan yang tepat untuk merawat anggota keluarga yang menarik
diri
2.1Menyebutkan ciri perilaku yang adaptif
2.2Mengambil keputusan
yang tepat untuk mengembangkan perilaku yang adaptif
|
Respon Verbal
Respon Verbal
Respon Verbal
Respon Verbal
|
Menarik diri merupakan percobaan untuk menghindari hubungan dengan
orang lain.
Menyebutkan 2 dari 4 ciri perilaku menarik diri: menghindari orang
lain, komunikasi kurang, menolak berhubungan dengan orang lain, menyendiri.
Menyebutkan 2 dari 3 ciri perilaku yang adaptif : komunikasi baik,
selalu berhubungan dengan orang lain, tidak memisahkan diri dari yang lain
Keluarga mengatakan akan merawat anggota kelaurga ynng menarik diri
dengan mengembangkan ke arah perilaku yang adaptif.
|
1.1.1
Diskusikan dengan keluarga
tentang pengertian menarik diri
1.1.2
Beri kesempatan keluarga bertanya
1.1.3
Tanyakan kembali hal yang telah
dijelaskan
1.1.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
1.2.1 Diskusikan dengan keluarga ciri-ciri perilaku menarik diri
1.2.2 Beri kesempatan keluarga bertanya
1.2.3 Tanyakan kembali hal yang telah dijelaskan
1.2.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
2.1.1 Diskusikan dengan keluarga mengenai ciri perilaku yang adaptif
2.1.2 Beri kesempatan keluarga bertanya
2.1.3 Tanyakan kembali hal yang telah dijelaskan
2.1.4
Beri reinforcement atas jawaban
yang benar
2.2.1
Beri motivasi keluarga dalam
mengambil keputusan untuk merawat anggota keluarga yang menarik diri dengan
mengembangkan perilaku adaptif.
2.2.2
Beri reinforcement atas minat dan
kemampuan keluarga memutuskan merubah peran yang sesuai
|
0 komentar :
Posting Komentar