Read more: http://www.uzumaki-popey.com/2013/01/cara-membuat-blog-agar-tidak-bisa-di.html#ixzz2QmnmosON

Pages

Jumat, 19 April 2013

proposal enterpreneurship


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Kota Cilacap merupakan kota yang mayoritas masyarakat di kota tersebut adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar perkotaan ini sangat tepat untuk membuka usaha kecil pembuatan pakaian, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Bisnis pakaian jadi ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha pakaian jadi yang dinamakan Ephineprine yang berdiri di kota Cilacap, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Ephineprine didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.
B.   Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
C.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan rumah saya sendiri, karena rumah saya sudah banyak yang tahu dan mudah untuk mengaksesnya.
D.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis usaha kami akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
E.   Target Pelanggan
Target pelanggan kami ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
F.    Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
a.       Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
b.      Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
c.       Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
G.   Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
a.       Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
b.      kualitas produk terjamin
c.       sesuai dengan selera masyarakat
H.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
Kaos @ Rp.90.000,-
I.       Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.  
J.     Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
a.        Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
b.      Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
c.       Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di tempat usaha kami.















BAB II
PERENCANAAN PERMODALAN

A.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian usaha pakaian jadi kami (Ephineprine Clothing) yaitu dari pemilik usaha sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
B.   Neraca Permulaan Perusahaan
a.    Biaya produksi per tahun terdiri dari:
Kulakan baju grosir @Rp. 25.000,-
Cat Sablon
Pewarna cat (merah,kuning,biru)@Rp. 5000,-
Rp. 2.000.000,-
Rp.      50.000,-
Rp.      15.000,-
Jumlah Modal Produksi
Biaya lain-lain
 

Total
Rp. 2.065.000,-
Rp.    100.000,-

Rp. 2.165.000,-

b.     Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.     Modal awal
 Rp.   2.165.000,-
Jumlah
Rp. 2.165.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir
Cat sablon
Pewarna cat (merah,kuning,biru)
Biaya lain-lain
Rp. 2.000.000,-
Rp.      50.000,-
Rp.      15.000,-
Rp.    100.000,-
Jumlah
Rp. 2.165.000,-
Total Modal produksi
Rp. 2.165.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 2.165.000,-
Pendapatan
Penjualan 80 kaos @Rp. 90.000,-
Rp. 7.200.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 7.200.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 7.200.000,-
Rp. 2.165.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 5.035.000,-





BAB III
FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT

A.    Faktor Pendukung
a.       Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa serta sensasi.
b.      Bahan produk yang terjamin kualitasnya
c.       Tempat yang strategis
d.      Tidak membutuhkan modal yang banyak
B.     Faktor Penghambat
a.       Tidak tahan lama
b.      Produknya mudah ditiru
c.       Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah














BAB IV
KESIMPULAN

Harapan saya untuk produk "Ephineprine Clothing" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk pakaian ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.






































0 komentar :

Posting Komentar

 

Blogger news

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Blogroll

Widget edited by super-bee

About