BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion,
maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan
mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Kota Cilacap merupakan kota yang mayoritas masyarakat di kota tersebut
adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka
seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up
to date.
Daerah sekitar perkotaan ini sangat tepat untuk membuka usaha kecil
pembuatan pakaian, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh
dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan
kebutuhan fashion di sekitar.
Bisnis pakaian jadi ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak
muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena
sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga
generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha pakaian jadi yang
dinamakan Ephineprine yang berdiri di kota Cilacap, kota yang memiliki tingkat
pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih
minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas
bagi masyarakatnya.
Ephineprine didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam
bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas
Indonesia.
B.
Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan
dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam
kehidupan.
Misi : Memberikan dan
menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
C.
Lokasi
Lokasi yang dipilih
merupakan rumah saya sendiri, karena rumah saya sudah banyak yang tahu dan
mudah untuk mengaksesnya.
D.
Konsep Promosi
Membuat sebuah display
di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar
bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis usaha kami akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat.
E.
Target Pelanggan
Target pelanggan kami ini adalah : anak muda atau abg yang sedang
terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna
baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
F.
Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya
sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk
aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak
remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
a.
Berkualitas tinggi dan dapat
memuaskan konsumen,
b.
Bermacam-macam bentuk dan
ukurannya dengan style yang uptodate
c.
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
G.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk
yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
a.
Harga terjangkau oleh kemampuan
konsumen,
b.
kualitas produk terjamin
c.
sesuai dengan selera masyarakat
H. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan
adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
Kaos @ Rp.90.000,-
I.
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif,
diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan
lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam
menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
J.
Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan
kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
a.
Membuat pamflet-pamflet
berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
b.
Melakukan iklan-iklan di dunia internet
baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
c.
Membuat catalog-katalog mengenai fashion
yang sedang uptodate di tempat usaha kami.
BAB II
PERENCANAAN PERMODALAN
A.
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian usaha
pakaian jadi kami (Ephineprine Clothing) yaitu dari pemilik usaha sendiri.
Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
B.
Neraca Permulaan Perusahaan
a. Biaya produksi per
tahun terdiri dari:
Kulakan baju grosir @Rp. 25.000,-
Cat Sablon
Pewarna cat (merah,kuning,biru)@Rp. 5000,-
|
Rp. 2.000.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 15.000,-
|
||||
Jumlah Modal Produksi
Biaya lain-lain
Total
|
Rp. 2.065.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 2.165.000,-
|
b.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1. Modal awal
|
Rp. 2.165.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 2.165.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan baju grosir
Cat sablon
Pewarna cat (merah,kuning,biru)
Biaya lain-lain
|
Rp. 2.000.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 15.000,-
Rp. 100.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 2.165.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 2.165.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 2.165.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan 80 kaos @Rp. 90.000,-
|
Rp. 7.200.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 7.200.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 7.200.000,-
Rp. 2.165.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 5.035.000,-
|
|
BAB III
FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR
PENGHAMBAT
A. Faktor Pendukung
a.
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa serta sensasi.
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa serta sensasi.
b.
Bahan produk yang terjamin kualitasnya
c.
Tempat yang strategis
d.
Tidak membutuhkan modal yang banyak
B. Faktor
Penghambat
a.
Tidak tahan lama
b.
Produknya mudah ditiru
c.
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
BAB IV
KESIMPULAN
Harapan
saya untuk produk "Ephineprine Clothing" Adalah supaya produk ini
bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk pakaian
ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
0 komentar :
Posting Komentar